Temukan 7 Olahraga Resmi Tertua di Dunia

angelbettings.com

Pernahkah Anda bertanya-tanya olahraga apa yang tertua dalam sejarah umat manusia? Ada beberapa olahraga unik yang menonjol dari yang lain sebagai yang paling bersejarah. Baca terus untuk menemukan mereka sendiri!

#1: Gulat

Olahraga tertua di dunia sejauh ini adalah gulat. Tidak seperti banyak olahraga lain yang akan Anda baca di bawah, yang satu ini telah mendokumentasikan bukti sebagai yang tertua dari jenisnya. Para arkeolog telah menemukan fragmen gulungan papirus di Mesir yang berasal dari tahun 200 M yang menawarkan panduan tentang cara bertarung.

Gulungan Yunani ini telah diterjemahkan berkali-kali, dan pada dasarnya berkisar pada istilah ‘pleckson’, atau bagaimana ‘bertarung’. Gulat juga ditampilkan di Olimpiade sejak 800-1.200 SM, dan masih menjadi olahraga Olimpiade saat ini, serta menjadi karier yang lengkap dengan sendirinya.

#2: Lompat Jauh dan Lari

Baik lari maupun lompat jauh adalah olahraga yang sangat tua, terutama karena keduanya mudah diakses dan tidak memerlukan peralatan. Selama Olimpiade pertama di Athena pada 776 SM, lari adalah satu-satunya olahraga kompetitif yang tercatat.

Namun, lari kompetitif sebenarnya sudah ada sejak tahun 1829 SM! Lompat jauh sama tuanya menurut para ahli, dan bertahan sebagai olahraga Olimpiade hingga hari ini.

#3: Lempar Lembing dan Cakram

Lempar lembing dan cakram adalah dua olahraga kuno yang ditampilkan di beberapa pertandingan Olimpiade pertama. Contoh pertama yang tercatat dari penggunaannya sebagai permainan kompetitif dimulai pada 708 SM, tetapi baru pada tahun 1870 ketika tongkat yang saat ini digunakan untuk lempar lembing diperkenalkan di Jerman dan Swedia, yang merevolusi industri.

Kedua olahraga tersebut diperkenalkan kembali ke permainan Olimpiade modern pada tahun 1906, dan pada tahun 1932, mereka juga ditambahkan ke daftar Olimpiade Wanita.

#4: Polo

Polo secara tradisional dimainkan dalam tim dengan menunggang kuda. Mirip dengan hoki, tujuannya di sini adalah agar kedua tim yang terlibat saling mengungguli satu sama lain dengan memukul bola kayu kecil melalui serangkaian tiang gawang.

Polo berasal dari puncak Kekaisaran Persia (sekitar 316 M), di mana kaisar Persia secara teratur menunggang kuda dan akhirnya mengembangkan praktik yang kemudian dikenal sebagai olahraga resmi. Saat ini, sebagian besar penggemar olahraga yang berhubungan dengan kuda hanya menikmati taruhan jinjing online!

#5: Tinju

Seharusnya tidak mengherankan bahwa tinju adalah salah satu olahraga tarung tertua dan paling ikonik di dunia. Saat ini, banyak tinju dipentaskan untuk tujuan hiburan, tetapi pada 2.000 SM, olahraga ‘adu tinju’ dengan perlindungan sudah dikenal di kalangan orang kuno.

Bahkan orang Romawi memiliki perlengkapan tinju yang belum sempurna yang dililitkan di tangan mereka untuk mencegah cedera. Kemudian di tahun 1600-an, Inggris memperkenalkan aturan untuk mengatur ‘bar-knuckle fighting’, termasuk aturan hitungan 30 detik dan aturan lain yang melarang peserta memukul lawan mereka saat mereka kalah. Tinju amatir ditambahkan ke Olimpiade pada tahun 1908.

#6: Senam

Senam berasal dari zaman Yunani kuno, dan teknik pelatihannya awalnya digunakan untuk melatih tentara militer untuk berperang. Senam modern, di sisi lain, muncul selama abad ke-18 ketika dua pendidik dari Jerman menciptakan peralatan khusus untuk anak-anak untuk berlatih.

Federasi Senam Internasional kemudian didirikan pada tahun 1891, memungkinkan pria dan wanita untuk mengambil bagian dalam tingkat kompetitif.

#7: Sepak Bola

Menurut FIFA, sepak bola dan sepak bola telah ada dalam berbagai bentuk setidaknya sejak 300 SM. Banyak pertandingan yang melibatkan bola terjadi di seluruh Eropa selama abad pertengahan, dan banyak di antaranya sangat mirip dengan sepak bola modern.

Di Inggris abad ke-10, sebuah permainan yang disebut ‘mob football’ muncul, meskipun hanya memiliki sedikit aturan yang benar untuk mengaturnya. Akhirnya, perguruan tinggi Inggris mulai mengembangkan kode etik dan aturan untuk hiburan, dan permainan sepak bola modern lahir pada pertengahan 1800-an.

Author: Philip Frazier